cover kti


LAPORAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) KELAS INOVATIF X MIPA 1
SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
“DAMPAK PENGGUNAAN IT (INFORMATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS INOVATIF SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU”
PENULIS
       VANNISA INDAH LESTARI UBRUSUN   NISN: 0021857179
      RISKA PRISCILIA TAMPUBOLON            NISN: 0021758020




DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATRA SELATAN
SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) KELAS INOVATIF X MIPA 1
“DAMPAK PENGGUNAAN IT (INFORMATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS INOVATIF SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU”

Pembimbing KTI,                                                 Lubuklinggau,        Mei 2018
                                                                          Penulis,


Yeny Yulizah, ST                                                Vannnisa Indah Lestari Ubrusun
NIP: 19780852005012010                                 NISN: 0021857179                               
                                                                                


                                                                      Riska Priscilia Tampubolon
                                                                      NISN: 0021758020

Mengetahui,
Kepala Sekolah,

Zulkarnain, M. Pd. Mat
NIP: 197004291994031004

ABSTRAK
“PENGARUH PENGGUNAAN IT (INFORMATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS INOVATIF SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU”
Oleh
Vannisa Indah Lestari
Riska Friscilia T
Sistem IT (Information Technology) sangat diperlukan pada zaman yang serba cepat ini. IT (Information Technology) dapat di gunakan dalam segala bidang termasuk dunia pendidikan yang juga memerlukan IT (Information Technology) dalam kegiatan belajar dan mengajar. Rata-rata penggunaan IT (Information Technology) sebagai fasilitas tambahan sudah menjadi kurikulum tambahan.  Penggunan IT (Information Technology) sangat mempermudah siswa maupun guru data belajar dan mengajar. Instrumen pengambilan dalam menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan angket. Variabel utama yang digunakan sebagai dasar hasil penelitian adalah hasil ulangan harian mata pelajaran kimia semester genap yaitu ketika siswa belum masuk ke program kelas inovatif yang difasilitasi dengan IT (Information Technology),  dibandingkan dengan siswa setelah berada di kelas inovatif, penilaian diambil untuk kurun waktu dua bulan berada di kelas inovatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penggunaan IT (Information Technology) terhadap Hasil Belajar Siswa di kelas inovatif khususnya tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan hasil belajar siswa tetapi siswa lebih merasa lebih bersemangat dan menyenangkan ketika proses pembelajaran menggunakan IT (Iformation Technology).

Kata Kunci : IT (Information Technology), Hasil Belajar.




KATA PENGANTAR
           
Puji serta syukur penulis ucapkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya karya tulis ilmiah yang berjudul “Dampak Penggunaan IT (Information Technology) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas Inovatif X MIPA 1 SMA Negeri 1 Lubuklinggaudapat diselesaikan tepat pada waktunya. Penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu penulis dalam pembuatan karya tulis ini dan berbagai sumber yang telah penulis pakai sebagai data dan fakta pada karya tulis ini.
Dengan menyelesaikan karya tulis ini penulis mengharapkan banyak manfaat yang dapat dipetik dan diambil dari karya ini. Semoga dengan adanya karya tulis ini dapat mengetahui peranan IT (Information Technology)  dalam dunia pendidikan, baik dapat digunakan dengan cara yang bijaksana. Penulis berharap agar penggunaan IT (Information Technology) disekolah dapat dipergunakan dengan maksimal.
Apabila dalam Karya Tulis Ilmiah ini terdapat banyak kekurangan, kami mohon maaf. Kami sangat menantikan saraan dan kritik pembaca yang sifatnya membangun, agar dapat memperbaiki karya tulis di masa yang akan datang.

Lubuklingggau,     Mei 2018

                                                                                                      Penulis

DAFTAR PUSTAKA

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munir. 2009. Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendididkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran (www.directory.umm.ac.id/tik/4472.pdf. Diakses tanggal 13 2018).
Sudirman Siahaan. 2010. Modul Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran. (http://jardiknas.kemdiknas.go.id. Diakses tanggal  13 Maret 2018).
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi serta peran Teknologi Informasi. (http://staf.blog.iu.ac.id/harrybs/2009/0/4/21/perkembangan-tik-di-bidang-pendidikan-di-Indonesia. Diakses tanggal 04 April 2018).
Pengertian dan Cara Metodologi Penelitian   Kualitatif   Dalam Pembuatan KTI. (https://sahabatnesia.com/metode-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif. Diakses tanggal 15 April 2018).
Pendapat Para Ahli Mengenail Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Pendidkan. (http://www.gurupendidikan.co.id/10-pengertian-teknologi-informasi-menurut-para-ahli. Diakses tanggal 07 April 2018).






Komentar

Postingan Populer