cover kti
LAPORAN KARYA TULIS ILMIAH
(KTI) KELAS INOVATIF X MIPA 1
SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
“DAMPAK PENGGUNAAN IT (INFORMATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA DI KELAS INOVATIF SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU”
PENULIS
VANNISA INDAH LESTARI UBRUSUN NISN:
0021857179
RISKA PRISCILIA TAMPUBOLON NISN: 0021758020
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATRA SELATAN
SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) KELAS INOVATIF X MIPA 1
“DAMPAK PENGGUNAAN IT (INFORMATION
TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS INOVATIF SMA NEGERI 1
LUBUKLINGGAU”
Pembimbing KTI, Lubuklinggau, Mei 2018
Penulis,
Yeny Yulizah, ST Vannnisa Indah
Lestari Ubrusun
NIP: 19780852005012010 NISN: 0021857179
Riska Priscilia Tampubolon
NISN: 0021758020
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Zulkarnain, M. Pd. Mat
NIP: 197004291994031004
ABSTRAK
“PENGARUH PENGGUNAAN IT (INFORMATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA DI KELAS INOVATIF SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU”
Oleh
Vannisa
Indah Lestari
Riska
Friscilia T
Sistem IT (Information Technology) sangat
diperlukan pada zaman yang serba cepat ini. IT (Information Technology) dapat
di gunakan dalam segala bidang termasuk dunia pendidikan yang juga memerlukan
IT (Information Technology) dalam kegiatan
belajar dan mengajar. Rata-rata penggunaan IT (Information Technology) sebagai
fasilitas tambahan sudah menjadi kurikulum tambahan. Penggunan IT (Information Technology) sangat
mempermudah siswa maupun guru data belajar dan mengajar. Instrumen pengambilan
dalam menggunakan metode
observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan angket. Variabel utama
yang digunakan sebagai dasar hasil penelitian adalah hasil ulangan harian mata
pelajaran kimia semester genap yaitu ketika siswa belum masuk ke program kelas
inovatif yang difasilitasi dengan IT (Information Technology), dibandingkan dengan siswa setelah berada di kelas inovatif, penilaian diambil untuk
kurun waktu dua bulan berada di kelas inovatif. Hasil penelitian yang diperoleh
adalah penggunaan IT (Information
Technology) terhadap Hasil Belajar Siswa di kelas inovatif khususnya tidak
berpengaruh besar terhadap peningkatan hasil belajar siswa tetapi siswa lebih
merasa lebih bersemangat dan menyenangkan ketika proses pembelajaran
menggunakan IT (Iformation Technology).
Kata
Kunci : IT (Information Technology), Hasil
Belajar.
KATA PENGANTAR
Puji
serta syukur penulis ucapkan kehadapan
Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya karya tulis ilmiah yang
berjudul “Dampak Penggunaan
IT (Information Technology) Terhadap
Hasil Belajar Siswa di Kelas Inovatif X MIPA 1 SMA Negeri 1 Lubuklinggau” dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu penulis
dalam pembuatan karya tulis ini dan berbagai sumber yang telah penulis pakai
sebagai data dan fakta pada karya tulis ini.
Dengan
menyelesaikan karya tulis ini penulis mengharapkan banyak manfaat yang dapat
dipetik dan diambil dari karya ini. Semoga dengan adanya karya tulis ini dapat
mengetahui peranan IT (Information Technology) dalam
dunia pendidikan, baik
dapat digunakan dengan cara yang bijaksana. Penulis
berharap agar penggunaan IT (Information Technology) disekolah dapat
dipergunakan dengan maksimal.
Apabila dalam Karya Tulis Ilmiah ini terdapat banyak
kekurangan, kami mohon maaf. Kami sangat menantikan saraan dan kritik pembaca
yang sifatnya membangun, agar dapat memperbaiki karya tulis di masa yang akan
datang.
Lubuklingggau, Mei
2018
Penulis
DAFTAR
PUSTAKA
Baharuddin
dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar
dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munir. 2009. Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dalam Pendididkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
sebagai Media Pembelajaran (www.directory.umm.ac.id/tik/4472.pdf. Diakses tanggal 13 2018).
Sudirman
Siahaan. 2010. Modul Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
dalam Pembelajaran.
(http://jardiknas.kemdiknas.go.id. Diakses tanggal 13 Maret 2018).
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi serta peran Teknologi Informasi. (http://staf.blog.iu.ac.id/harrybs/2009/0/4/21/perkembangan-tik-di-bidang-pendidikan-di-Indonesia. Diakses tanggal 04 April 2018).
Pengertian dan Cara Metodologi Penelitian Kualitatif
Dalam Pembuatan KTI. (https://sahabatnesia.com/metode-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif. Diakses tanggal 15
April 2018).
Pendapat Para Ahli Mengenail
Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Pendidkan. (http://www.gurupendidikan.co.id/10-pengertian-teknologi-informasi-menurut-para-ahli. Diakses tanggal 07
April 2018).
Komentar
Posting Komentar