contoh abstrak
ABSTRAK
Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menuliskan Reaksi Ion Menggunakan Media Charta
Melalui Diskusi Kelompok Kelas XI IPA4
SMA
Negeri 1 Lubuklinggau
Oleh Yeny Yulizah, ST
Penelitian
ini didasari dari rendahnya hasil belajar siswa pada materi menuliskan reaksi
ion siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Penelitian ini bertujuan
untuk mendapatkan data informasi dan membahas tentang upaya meningkatkan hasil
belajar siswa menuliskan reaksi ion menggunakan media charta melalui diskusi kelompok. Metode penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA4 SMA Negeri 1
Lubuklinggau dengan jumlah siswa 42 orang.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Instrumen penelitian ini
berupa catatan dokumen berupa lembar kerja (absen penilaian) untuk mengetahui
prestasi akademik, penilaian dilakukan dengan berpedoman pada hasil mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) dan lembar pengamatan/catatan
lapangan untuk mendeskripsikan kesulitan
siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menemukan terdapat peningkatan
hasil belajar melalui diskusi kelompok dengan tindakan menggunakan charta
kation dan anion.
Kata kunci : Hasil
Belajar, Diskusi Kelompok, Reaksi Ion
Komentar
Posting Komentar