PEDOMAN PEMBUATAN PROPOSAL KTI SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
A. Program
Penguatan Literai
Program Penguatan Literasi adalah
program untuk memotivasi siswa agar Gemar Membaca dan Manulis dalam bentuk
Karya Tulis Ilmiah. Program ini merupakan salah program unggulan SMA Negeri 1
Lubuklinggau yang termasuk program sekolah. Aktivitas kegiatannya berupa
penyusunan resensi dan Karya Tulis Ilmiah
dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peserta didik. Kegiatan ini diakhiri
dengan presentasi yang bekerjasama dengan STKIP Lubuklinggau pada setiap akhir
semester.
B. Tujuan
Program Bugemm
Program Penguatan Literasi bertujuan
menumbuhkembangkan minat dan kemampuan membaca, dan menulis di kalangan peserta
didik, sehingga peserta didik
1. terbiasa dengan kegiatan kepustakaan
2. terbiasa mengakses berbagai sumber
bacaan
3. dapat mengembangkan kemampuan
membaca efektif
4. terbiasa mengorganisasikan berbagai
bahan bacaan
5. terampil dalam menyusun karya tulis
ilmiah
6. terasah kecerdasan verbal dan mentalitasnya
melalui kegiatan literasi.
C. Manfaat Program Penguatan Literasi
Manfaat
yang dapat dipetik melalui kegiatan Penguatan Literasi;
1)
Memupuk
sikap rasa ingin tahu, yang
diimplementasikan melalui kegiatan
penelitian
untuk mendapatkan kepastian atas fenomena sosial dan gejala alam yang diteliti.
2)
Menumbuhkan
sikap
kritis, yang direalisasikan
dengan mencari informasi
sebanyak-
banyaknya sebagai bahan tulisan.
3)
Mengasah
sikap
rela menghargai karya orang lain, diwujudkan dengan merujuk
dan mengutip pendapat dari berbagai sumber
untuk memperkuat argumen penelitian.
4)
Menumbuhkan
sikap
objektif dan terbuka, diwujudkan dengan bersedia
mendengarkan
argumentasi orang lain.
5)
Menumbuhkan
sikap
berani mempertahankan kebenaran, diwujudkan dengan
membela dan mempertahankan fakta atas hasil
penelitian yang dilakukan.
6)
Menghadirkan
rasa syukur dan kepuasan intelektual pada diri siswa atas karya
yang telah dihasilkan dengan penuh perjuangan
melalui prosedur ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.
D. Sasaran Program
Siswa kelas X, Kelas XI dan kelas XII
E.
Waktu
pelaksaan
1.
Kelas X semester 1 selama 3 (tiga )
bulan dari bulan Agustus s.d Oktober, proposal Karya Tulis Ilmiah
2.
Kelas X semester 2 selama 3 (tiga)
bulan dari bulan Februari s.d April, Penyusunan Karya Tulis Ilmiah yang
merupakan kelanjutan dari Proposal pada semester 1
3.
Kelas XI semester 1 selama 3 (tiga )
bulan dari bulan Agustus s.d Oktober, Merancang dan membuat TTG (Teknologi
Tepat Guna)
4.
Kelas XI semester 2 selama 3 (tiga)
bulan dari bulan Februari s.d April, Penyusunan Karya Tulis Ilmiah yang mengacu
pada TTG yang telah dibuat pada semester 1
F.
Pola
Pelaksanaan
-
Bahasa
Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
-
Sumber
Bacaan
·
Siswa
dapat memanfaatkan sarana perpustakaan sekolah atau koleksi
pribadi
·
Jenis buku fiksi atau nonfiksi
·
Jumlah buku minimal 1 untuk resensi dan
laporan buku sedangakn untuk karya tulis
penelitian minimal menggunakan 3 buku.
-
Bentuk
karya yang dapat dipilih
·
Karya
ilmiah hasil penelitian baik jenis kuantitatif atau kualitatif
ü Berkelompok/3 orang
ü Semester Ganjil : PROPOSAL (bab 1,
2, 3)
ü Semester Genap : HASIL PENELITIAN
(bab 4 dan5)
-
Prosedur
pelaksaan
·
Siswa
membaca buku/karya penguatan bahasa
inggris sebelumnya/majalah/koran/sumber lain yang disukai/diminati untuk
dijadikan materi Bugemm.
·
Siswa
juga berkonsultasi dengan pembimbing
mengenai bentuk karya yang akan
ditulis
·
Siswa
mulai menggarap karya tulis yang telah disepakati dengan pembimbing
·
Hasil
pengerjaan karya Bugemm HARUS dikonsultasikan dengan pembimbing, minimal 12 kali
pertemuan konsultasi. Setiap pertemuan konsultasi, terdata pada KARTU
KONSULTASI yang dimiliki siswa.
·
Setelah
mendapatkan persetujuan dari pembimbing dengan mendapatkan kartu rekomendasi,
peserta didik akan mempresentasikan karya Tulisnya dalam Presentasi di bulan November/Desember.
·
Berdasarkan
masukan dari penguji, peserta didik wajib memperbaiki karya tulisnya untuk
kemudian dijilid rapi dan diserahkan kembali ke penguji melalui staff/koordinator
KTI.
G.
Sistematika
Laporan
1. Karya Tulis
Laporan
Penguatan Literasi yaitu Karya Tulis Ilmiah terdiri atas tiga bagian, yaitu
bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.
A. Bagian Awal
1.
Halaman Judul (contoh terlampir)/Title Page (example attached)
2.
Halaman Pengesahan (contoh terlampir)/Approval Page (example attached)
3.
Kata Pengantar (contoh terlampir)/Acknowledgement (example attached)
4.
Daftar Isi/Table of Content
5.
Daftar Lampiran/Enclosure/Appendices
B. Bagian Inti
1. Bab I Pendahuluan/Introduction
1) Latar Belakang/Background
Rasa ingin tahu penulis terhadap segala
rahasia alam dan kehidupan menimbulkan masalah untuk diteliti. Uraian dalam
latar belakang bermaksud untuk membeberkan (menjelaskan) mengapa masalah itu
timbul atau penting untuk diteliti. Permasalahan akan timbul apabila ada
perbedaan atau kesenjangan:
(1) apa yang diharapkan dengan apa yang
dicapai,
(2) apa yang direncanakan dengan apa
yang yang diwujudkan,
(3) apa yang seharusnya (ideal) dengan
apa yang ada dalam kenyataan (realitas),
(4) teori dengan praktik, dan lainnya.
Perbedaan/kesenjangan itu dapat
diperoleh dari berbagai sumber, seperti jurnal penelitian, pernyataan pemegang
otoritas, pengamatan, pengalaman pribadi, dan dari hasil membaca literatur.
Dalam latar belakang sebaiknya juga
dikemukakan kerugian-kerugian yang akan diderita jika masalah itu dibiarkan
tidak diteliti, dan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh jika masalah itu
diteliti.
2) Masalah/Problem Formulation
Masalah penelitian berupa kalimat yang
menunjukkan adanya kesenjangan atau persoalan yang akan diungkap melalui
penelitian yang akan dilakukan. Lazimnya, masalah penelitian dirumuskan dalam
bentuk kalimat tanya. Misalnya, “Bagaimanakah
kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan tadaruz Al-Quran di Masjid
Babul Ilmi?”
“Bagaimanakah higienitas tahu yang
dijual di pasar Palimo?”
3) Tujuan/Objectives of the Study
Rumusan tujuan berisi pernyataan
tentang hasil yang akan dicapai. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah
jawaban dari masalah penelitian.
4) Manfaat/Significance of the Study
Rumusan manfaat penelitian berisi
pernyataan siapa yang akan memperoleh keuntungan, dan apa keuntungan yang dari
penelitian yang dilakukan.
2. Bab II Landasan Teori/Literature Review
Landasan
teori berisi teori atau pendapat yang disampaikan oleh pakar/ahli yang dikutip
dari bahan cetakan (buku, jurnal, makalah, majalah, koran) dan bahan dari
internet. Teori atau pendapat tersebut harus relevan dengan judul dan masalah
yang diteliti. Selanjutnya, teori atau pendapat tersebut dikutip.
Kutipan adalah pinjaman pendapat dari seseorang
seperti : buku, koran, majalah, dan sejenisnya. Kutipan dapat dibedakan menjadi
dua macam, yaitu : (a) kutipan langsung, dan (b) kutipan tidak langsung.
Kutipan langsung merupakan pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap
kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli. Adapun kutipan
tidak langsung adalah pinjaman pendapat penulis lain yang diambil hanya
intisari pendapat tersebut.
3. Bab III Prosedur Penelitian/Research Procedure
1) Definisi Operasional Istilah
(Kualitatif)/Variabel Penelitian (Kuantitatif)/Operational Definition
Definisi operasional istilah
berupa simpulan dari beberapa teori/pendapat yang dikutip pada landasan teori.
Istilah yang disajikan dalam bagian ini adalah istilah pokok/penting yang
berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.
Variabel penelitian/Variables
of the Study adalah objek yang akan diteliti. Untuk
penelitian eksperimen, juga perlu dijelaskan alat, bahan, dan prosedur
penelitian.
2) Populasi dan Sampel (Sumber Data)/Population and Sample
Populasi dan sampel diperlukan jika
objek atau sumber data jumlahnya banyak dan perlu dibatasi.
Populasi adalah keseluruhan objek yang
akan diteliti, sedangkan sampel adalah sebagian populasi yang diyakini dapat
mewakili sampel.
Untuk penelitian dokumen (analisis
wacana: koran, buku, novel dll.) pada bagian ini disebut dengan sumber data.
3) Metode Penelitian/Research Method
Metode penelitian secara umum
dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penentuan
metode disesuaikan dengan masalah yang akan diteliti dan cara mengumpulkan
data.
4) Teknik Pengumpulan Data/Techniques for Collecting the Data
Teknik pengumpulan data berisi cara
yang dilakukan peneliti untuk mengumpulkan data dalam proses penelitian. Teknik
tersebut antara lain tes, angket, wawancara, dan observasi.
5) Teknik Analisis Data/Techniques for Analyzing the Data
Teknik analisis data adalah teknik yang
digunakan untuk membaca, mengukur, menghitung, dan atau memaknai data sehingga
sampai pada suatu simpulan.
4. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan/Research Findings and Interpretations
Dalam bagian ini, disajikan deskripsi data, analisis data, dan pembahasan
(apa, bagaimana, mengapa, dan implikasinya dalam kehidupan sehari-hari).
5. Bab V Simpulan dan Saran/Conclusions and Suggestions
Simpulan merupakan jawaban dari masalah
yang diajukan, sedangkan saran adalah rekomendasi atau usul peneliti
berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian untuk ditindaklanjuti oleh pihak
yang terkait.
C. Bagian Akhir
1. Daftar Pustaka/References
Daftar pustaka memuat sumber (berupa
buku, koran, jurnal, majalah, internet dll.) yang dikutip pada landasan teori.
2. Lampiran-lampiran/Enclosur/Appendices
Isi lampiran antara lain instrumen
penelitian, foto kegiatan, kartu bimbingan, dan pendukung penelitian lainnya.
Lampiran 1: Contoh
kartu bimbingan laporan karya ilmiah Bugemm
PEMERINTAH PROVINSI
SUMATERA SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 UNGGULAN
LUBUKLINGGAU
TERAKREDITASI “A” (AMAT BAIK) (NPSN:
10604401)
Jl. Garuda Km 2 Kel. Pelita Jaya
Kec.Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau Telp/Fax (0733)321629
KARTU BIMBINGAN PENGUATAN LITERASI
PENYUSUNAN PROPOSAL KARYA TULIS
ILMIAH (KTI)
Pembimbing :
Kelas :
Kelompok :
Nama Siswa : 1………………………………
2……………………………..
3……………………………..
Pertemuan
Ke-
|
Hari,
Tanggal Bimbingan
|
Bahasan
Bimbingan
|
Tanda
Tangan Guru Pembimbing
|
|
1
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Lubuklinggau, 2019
Koordinator,
Ida Kurnia, M.Pd
NIP. 19770512 200501 2 007
Mengetahui,
Waka Peningkatan Mutu,
Yeny Yulizah, ST
NIP. 19780805 200501 2 010
Lubuklinggau, 2019
Koordinator,
Ida Kurnia, M.Pd
NIP. 19770512 200501 2 007
|
Mengetahui,
Waka Peningkatan Mutu,
Yeny Yulizah, ST
NIP. 19780805 200501 2 010
|
Lampiran
2: Contoh halaman judul laporan karya ilmiah
Bugemm
OPINI REDAKDUR DALAM “TAJUK RENCANA” HARIAN SUMATERA EKSPRES TENTANG PILPRES TAHUN
2018
KARYA TULIS PENGUATAN LITERASI
Disusun Oleh
RIZQAN SYAHRU RAMADHAN
NIS 3434
KELAS XI-1
PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 UNGGUKAN LUBUKLINGGAU
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Lampiran
3: Contoh halaman pengesahan karya ilmiah
Bugemm
HALAMAN PENGESAHAN
Nama
Peserta Didik : Rizqan Syahru Ramadhan
NIS : 3434
Kelas : XI-1
Nama
Pembimbing : M. Redi Arpani,
M.Pd.
Judul
Penelitian : Opini
Redaktur dalam “Tajuk Rencana” Harian Sumatera
Ekspres tentang Pilpres 2018
Lubuklinggau, 22
Juni 2019
Penguji,
Pembimbing,
Dra. Hj. Rahayu, M.Si. Ida Kurnia, M.Pd.
NIP 1960121219872003 NIP. 19770512 200501 2 007
Mengetahui:
Kepala
SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau,
Zulkarnain, M.Pd.Mat
NIP 19700429
199403 1 004
Lampiran
4: Contoh
kata pengantar
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena
berkat rahmat dan karunia-Nya, laporan penelitian yang berjudul “ …” ini dapat
penulis selesaikan tepat pada waktunya. Laporan ini disusun untuk memenuhi
tugas dalam kegiatan Penguatan Literasi di SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau
pada tahun pelajaran ….. / …..
Dengan telah selesainya laporan ini, penulis menyampaikan
terima kasih kepada ..., selaku pembimbing, yang telah memberikan bimbingan
selama penulisan laporan ini. Penulis juga menyampaikan terima kasih kepada
..., selaku wali kelas yang telah memberikan motivasi dalam penulisan laporan
ini. Terima kasih juga penulis sampaikan kepada ..., selaku Kepala SMA Negeri 1
Unggulan Lubuklinggau yang telah memberikan kemudahan berupa adminstrasi dan sarana
yang penulis perlukan.
Mudah-mudahan laporan ini bermanfaat bagi ...., ...., ....
di .....
Lubuklinggau,
..................................
Penulis
Lampiran
5: contoh daftar isi
DAFTAR ISI
|
Halaman
|
HALAMAN
JUDUL
|
|
HALAMAN
PENGESAHAN
|
|
KATA
PENGANTAR
|
|
ABSTRAK
|
|
DAFTAR
ISI
|
|
DAFTAR
TABEL (jika ada)
|
|
|
|
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Masalah
Penelitian
1.3 Tujuan
Penelitian
1.4 Manfaat
Penelitian
|
|
|
|
BAB
II LANDASAN TEORI
2.1 ….
2.2 …
2.3 Dst.
|
|
|
|
BAB
III PROSEDUR PENELITIAN
1.1 Definisi
Operasioanl Istilah/Variabel Penelitian
1.2 Populasi
dan Sampel/Objek Penelitian/Sumber Data
1.3 Metode
Penelitian
1.4 Teknik
Pengumpulan Data
1.5 Teknik
Analisis Data
|
|
|
|
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1.1 Deskripsi
Data
1.2 Analisis
Data
1.3 Pembahasan
|
|
|
|
BAB
V SIMPULAN DAN SARAN
5.1 Simpulan
5.2 Saran
|
|
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
|
Lampiran
6: Contoh daftar tabel
Tabel
1
Populasi
Penelitian
No
|
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
|
XI IPA 1
|
32
|
|
XI IPA 2
|
32
|
|
XI IPA 3
|
32
|
|
XI IPA 4
|
32
|
|
XI IPA 5
|
32
|
|
XI IPA 6
|
32
|
|
Jumlah
|
102
|
Sumber:
Tata Usaha SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau.
Lampiran
7: Contoh Daftar Gambar
Gambar
6
Presiden
RI Melantik Kabinet
Sumber: Arsip Perpustakaan Nasional.
PROGRAM PENGUATAN LITERASI
PENYUSUNAN PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH
(KTI)
SMA NEGERI 1 UNGGULAN LUBUKLINGGAU
PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 UNGGULAN LUBUKLINGGAU
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Komentar
Posting Komentar