PEDOMAN PEMBUATAN PROPOSAL KTI SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU


A.      Program Penguatan Literai
Program Penguatan Literasi adalah program untuk memotivasi siswa agar Gemar Membaca dan Manulis dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah. Program ini merupakan salah program unggulan SMA Negeri 1 Lubuklinggau yang termasuk program sekolah. Aktivitas kegiatannya berupa penyusunan resensi dan Karya Tulis Ilmiah dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peserta didik. Kegiatan ini diakhiri dengan presentasi yang bekerjasama dengan STKIP Lubuklinggau pada setiap akhir semester.

B.     Tujuan Program Bugemm
Program Penguatan Literasi bertujuan menumbuhkembangkan minat dan kemampuan membaca, dan menulis di kalangan peserta didik, sehingga peserta didik
1.   terbiasa dengan kegiatan kepustakaan
2.   terbiasa mengakses berbagai sumber bacaan
3.   dapat mengembangkan kemampuan membaca efektif
4.   terbiasa mengorganisasikan berbagai bahan bacaan
5.   terampil dalam menyusun karya tulis ilmiah
6.   terasah kecerdasan verbal dan mentalitasnya melalui kegiatan literasi.

C.        Manfaat Program Penguatan Literasi
Manfaat yang dapat dipetik melalui kegiatan Penguatan Literasi;
1)      Memupuk sikap rasa ingin tahu,  yang diimplementasikan melalui kegiatan
penelitian untuk mendapatkan kepastian atas fenomena sosial dan gejala alam yang diteliti.
2)      Menumbuhkan sikap kritis,  yang direalisasikan dengan mencari informasi
sebanyak- banyaknya sebagai bahan tulisan.
3)      Mengasah sikap rela menghargai karya orang lain, diwujudkan dengan merujuk
 dan mengutip pendapat dari berbagai sumber untuk memperkuat argumen penelitian.
4)      Menumbuhkan sikap objektif dan terbuka, diwujudkan dengan bersedia
mendengarkan argumentasi orang lain.
5)      Menumbuhkan sikap berani mempertahankan kebenaran, diwujudkan dengan
 membela dan mempertahankan fakta atas hasil penelitian yang dilakukan.
6)      Menghadirkan rasa syukur dan kepuasan intelektual pada diri siswa atas karya
 yang telah dihasilkan dengan penuh perjuangan melalui prosedur ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.



D.      Sasaran Program
Siswa kelas X, Kelas XI dan kelas XII

E.        Waktu pelaksaan
1.      Kelas X semester 1 selama 3 (tiga ) bulan dari bulan Agustus s.d Oktober, proposal Karya Tulis Ilmiah
2.      Kelas X semester 2 selama 3 (tiga) bulan dari bulan Februari s.d April, Penyusunan Karya Tulis Ilmiah yang merupakan kelanjutan dari Proposal pada semester 1
3.      Kelas XI semester 1 selama 3 (tiga ) bulan dari bulan Agustus s.d Oktober, Merancang dan membuat TTG (Teknologi Tepat Guna)
4.      Kelas XI semester 2 selama 3 (tiga) bulan dari bulan Februari s.d April, Penyusunan Karya Tulis Ilmiah yang mengacu pada TTG yang telah dibuat pada semester 1

F.        Pola Pelaksanaan
-      Bahasa
Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris

-      Sumber Bacaan
·         Siswa dapat memanfaatkan sarana perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi
·         Jenis buku fiksi atau nonfiksi
·         Jumlah buku minimal 1 untuk resensi dan laporan buku  sedangakn untuk karya tulis penelitian minimal menggunakan 3 buku.

-      Bentuk karya yang dapat dipilih
·         Karya ilmiah hasil penelitian baik jenis kuantitatif atau kualitatif
ü  Berkelompok/3 orang
ü  Semester Ganjil : PROPOSAL (bab 1, 2, 3)
ü  Semester Genap : HASIL PENELITIAN (bab 4 dan5)

-      Prosedur pelaksaan
·         Siswa membaca buku/karya penguatan bahasa inggris sebelumnya/majalah/koran/sumber lain yang disukai/diminati untuk dijadikan materi Bugemm.
·         Siswa juga berkonsultasi dengan pembimbing mengenai bentuk karya yang akan ditulis
·         Siswa mulai menggarap karya tulis yang telah disepakati dengan pembimbing
·         Hasil pengerjaan karya Bugemm HARUS dikonsultasikan dengan pembimbing, minimal 12 kali pertemuan konsultasi. Setiap pertemuan konsultasi, terdata pada KARTU KONSULTASI yang dimiliki siswa.
·         Setelah mendapatkan persetujuan dari pembimbing dengan mendapatkan kartu rekomendasi, peserta didik akan mempresentasikan karya Tulisnya dalam Presentasi di bulan November/Desember.
·         Berdasarkan masukan dari penguji, peserta didik wajib memperbaiki karya tulisnya untuk kemudian dijilid rapi dan diserahkan kembali ke penguji melalui staff/koordinator KTI.

G.    Sistematika Laporan

1.      Karya Tulis

Laporan Penguatan Literasi yaitu Karya Tulis Ilmiah terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.

A.      Bagian Awal
1.      Halaman Judul (contoh terlampir)/Title Page (example attached)
2.      Halaman Pengesahan (contoh terlampir)/Approval Page (example attached)
3.      Kata Pengantar (contoh terlampir)/Acknowledgement (example attached)
4.      Daftar Isi/Table of Content
5.      Daftar Lampiran/Enclosure/Appendices

B.       Bagian Inti
1.      Bab I Pendahuluan/Introduction
1)      Latar Belakang/Background
Rasa ingin tahu penulis terhadap segala rahasia alam dan kehidupan menimbulkan masalah untuk diteliti. Uraian dalam latar belakang bermaksud untuk membeberkan (menjelaskan) mengapa masalah itu timbul atau penting untuk diteliti. Permasalahan akan timbul apabila ada perbedaan atau kesenjangan:
(1) apa yang diharapkan dengan apa yang dicapai,
(2) apa yang direncanakan dengan apa yang yang diwujudkan,
(3) apa yang seharusnya (ideal) dengan apa yang ada dalam kenyataan (realitas),
(4) teori dengan praktik, dan lainnya.
Perbedaan/kesenjangan itu dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti jurnal penelitian, pernyataan pemegang otoritas, pengamatan, pengalaman pribadi, dan dari hasil membaca literatur.

Dalam latar belakang sebaiknya juga dikemukakan kerugian-kerugian yang akan diderita jika masalah itu dibiarkan tidak diteliti, dan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh jika masalah itu diteliti.

2)      Masalah/Problem Formulation
Masalah penelitian berupa kalimat yang menunjukkan adanya kesenjangan atau persoalan yang akan diungkap melalui penelitian yang akan dilakukan. Lazimnya, masalah penelitian dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya. Misalnya, “Bagaimanakah  kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan tadaruz Al-Quran di Masjid Babul Ilmi?”
“Bagaimanakah higienitas tahu yang dijual di pasar Palimo?”

3)      Tujuan/Objectives of the Study
Rumusan tujuan berisi pernyataan tentang hasil yang akan dicapai. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah jawaban dari masalah penelitian.

4)      Manfaat/Significance of the Study
Rumusan manfaat penelitian berisi pernyataan siapa yang akan memperoleh keuntungan, dan apa keuntungan yang dari penelitian yang dilakukan.

2.    Bab II Landasan Teori/Literature Review
Landasan teori berisi teori atau pendapat yang disampaikan oleh pakar/ahli yang dikutip dari bahan cetakan (buku, jurnal, makalah, majalah, koran) dan bahan dari internet. Teori atau pendapat tersebut harus relevan dengan judul dan masalah yang diteliti. Selanjutnya, teori atau pendapat tersebut dikutip.
Kutipan adalah pinjaman pendapat dari seseorang seperti : buku, koran, majalah, dan sejenisnya. Kutipan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu : (a) kutipan langsung, dan (b) kutipan tidak langsung. Kutipan langsung merupakan pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli. Adapun kutipan tidak langsung adalah pinjaman pendapat penulis lain yang diambil hanya intisari pendapat tersebut.


3.      Bab III Prosedur Penelitian/Research Procedure
1)      Definisi Operasional Istilah (Kualitatif)/Variabel Penelitian (Kuantitatif)/Operational Definition
Definisi operasional istilah berupa simpulan dari beberapa teori/pendapat yang dikutip pada landasan teori. Istilah yang disajikan dalam bagian ini adalah istilah pokok/penting yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.
Variabel penelitian/Variables of the Study adalah objek yang akan diteliti. Untuk penelitian eksperimen, juga perlu dijelaskan alat, bahan, dan prosedur penelitian.

2)      Populasi dan Sampel (Sumber Data)/Population and Sample
Populasi dan sampel diperlukan jika objek atau sumber data jumlahnya banyak dan perlu dibatasi.
Populasi adalah keseluruhan objek yang akan diteliti, sedangkan sampel adalah sebagian populasi yang diyakini dapat mewakili sampel.
Untuk penelitian dokumen (analisis wacana: koran, buku, novel dll.) pada bagian ini disebut dengan sumber data.

3)      Metode Penelitian/Research Method
Metode penelitian secara umum dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penentuan metode disesuaikan dengan masalah yang akan diteliti dan cara mengumpulkan data.

4)      Teknik Pengumpulan Data/Techniques for Collecting the Data
Teknik pengumpulan data berisi cara yang dilakukan peneliti untuk mengumpulkan data dalam proses penelitian. Teknik tersebut antara lain tes, angket, wawancara, dan observasi.

5)      Teknik Analisis Data/Techniques for Analyzing the Data
Teknik analisis data adalah teknik yang digunakan untuk membaca, mengukur, menghitung, dan atau memaknai data sehingga sampai pada suatu simpulan.

4.      Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan/Research Findings and Interpretations
Dalam bagian ini, disajikan deskripsi data, analisis data, dan pembahasan (apa, bagaimana, mengapa, dan implikasinya dalam kehidupan sehari-hari).

5.      Bab V Simpulan dan Saran/Conclusions and Suggestions
Simpulan merupakan jawaban dari masalah yang diajukan, sedangkan saran adalah rekomendasi atau usul peneliti berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian untuk ditindaklanjuti oleh pihak yang terkait.

C.       Bagian Akhir
1.      Daftar Pustaka/References
Daftar pustaka memuat sumber (berupa buku, koran, jurnal, majalah, internet dll.) yang dikutip pada landasan teori.
2.      Lampiran-lampiran/Enclosur/Appendices
Isi lampiran antara lain instrumen penelitian, foto kegiatan, kartu bimbingan, dan pendukung penelitian lainnya.

Lampiran 1:  Contoh kartu bimbingan laporan karya ilmiah Bugemm

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 UNGGULAN LUBUKLINGGAU
TERAKREDITASI “A” (AMAT BAIK) (NPSN: 10604401)
Jl. Garuda Km 2 Kel. Pelita Jaya Kec.Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau Telp/Fax (0733)321629
 

KARTU BIMBINGAN PENGUATAN LITERASI
PENYUSUNAN PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH (KTI)
Pembimbing      :
Kelas                     :
Kelompok           :
Nama Siswa       : 1………………………………
                               2……………………………..
  3……………………………..

Pertemuan
Ke-
Hari, Tanggal Bimbingan
Bahasan Bimbingan
Tanda Tangan Guru Pembimbing
1


1






2



2





3


3







Lubuklinggau,                          2019
Koordinator,



Ida Kurnia, M.Pd
NIP. 19770512 200501 2 007

Mengetahui,
Waka Peningkatan Mutu,




Yeny Yulizah, ST
NIP. 19780805 200501 2 010
 










Lampiran 2: Contoh halaman judul laporan karya ilmiah Bugemm

OPINI REDAKDUR DALAM “TAJUK RENCANA” HARIAN SUMATERA EKSPRES TENTANG PILPRES TAHUN 2018
KARYA TULIS PENGUATAN LITERASI











Disusun Oleh
RIZQAN SYAHRU RAMADHAN
NIS 3434
KELAS XI-1








PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 UNGGUKAN LUBUKLINGGAU
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Lampiran 3: Contoh halaman pengesahan karya ilmiah Bugemm

HALAMAN PENGESAHAN

Nama Peserta Didik              : Rizqan Syahru Ramadhan
NIS                                          : 3434
Kelas                                       : XI-1
Nama Pembimbing                : M. Redi Arpani, M.Pd.
Judul Penelitian                      : Opini Redaktur dalam “Tajuk Rencana” Harian Sumatera Ekspres tentang Pilpres 2018


Lubuklinggau, 22 Juni 2019
Penguji,                                                                                               Pembimbing,



­­­­­­­­­­­­­­Dra. Hj. Rahayu, M.Si.                                                                    Ida Kurnia, M.Pd.
NIP 1960121219872003                                                                    NIP. 19770512 200501 2 007



Mengetahui:
Kepala SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau,




Zulkarnain, M.Pd.Mat
NIP 19700429 199403 1 004











Lampiran 4:  Contoh kata pengantar

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, laporan penelitian yang berjudul “ …” ini dapat penulis selesaikan tepat pada waktunya. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas dalam kegiatan Penguatan Literasi di SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau pada tahun pelajaran ….. / …..
Dengan telah selesainya laporan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada ..., selaku pembimbing, yang telah memberikan bimbingan selama penulisan laporan ini. Penulis juga menyampaikan terima kasih kepada ..., selaku wali kelas yang telah memberikan motivasi dalam penulisan laporan ini. Terima kasih juga penulis sampaikan kepada ..., selaku Kepala SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau yang telah memberikan kemudahan berupa adminstrasi dan sarana yang penulis perlukan.
Mudah-mudahan laporan ini bermanfaat bagi ...., ...., .... di .....

                                                                     
Lubuklinggau, ..................................
                                                                      Penulis






















Lampiran 5: contoh daftar isi
DAFTAR ISI


Halaman
HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

ABSTRAK

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL (jika ada)



BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Masalah Penelitian
1.3  Tujuan Penelitian
1.4  Manfaat Penelitian



BAB II LANDASAN TEORI
2.1  ….
2.2 
2.3  Dst.



BAB III PROSEDUR PENELITIAN
1.1  Definisi Operasioanl Istilah/Variabel Penelitian
1.2  Populasi dan Sampel/Objek Penelitian/Sumber Data
1.3  Metode Penelitian
1.4  Teknik Pengumpulan Data
1.5  Teknik Analisis Data



BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1.1  Deskripsi Data
1.2  Analisis Data
1.3  Pembahasan



BAB V SIMPULAN DAN SARAN
5.1 Simpulan
5.2 Saran



LAMPIRAN-LAMPIRAN





Lampiran 6: Contoh daftar tabel
Tabel 1
Populasi Penelitian

No
Kelas
Jumlah Siswa

XI IPA 1
32

XI IPA 2
32

XI IPA 3
32

XI IPA 4
32

XI IPA 5
32

XI IPA 6
32

Jumlah
102
Sumber: Tata Usaha SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau.

Lampiran 7: Contoh Daftar Gambar
Gambar 6
Presiden RI Melantik Kabinet

  Sumber: Arsip Perpustakaan Nasional.









PROGRAM PENGUATAN LITERASI
PENYUSUNAN PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH (KTI)






SMA NEGERI 1 UNGGULAN LUBUKLINGGAU
















PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 UNGGULAN LUBUKLINGGAU
TAHUN PELAJARAN 2019/2020



Komentar

Postingan Populer